Menakjubkan 2: Khasiat Surat Al-Ikhlas Beserta Sejarahnya

05.38 1 Comments

Menakjubkan 2: Khasiat Surat Al-Ikhlas Beserta Sejarahnya

Assalamu'alaikum sobat GK!
Ok sob, untuk kedua kalinya saya akan menjelaskan nih tentang khasiat dari membaca surat Al-Ikhlas.


       Disebut surat Al-Ikhlas, karena dapat menyelamatkan orang yang membacanya dari kesulitan dunia ataupun kesulitan akherat. Dari kesulitan sakaratul maut, dari kesulitan kegelapan malam dan dari segala kesulitan di hari kiamat nanti.
       Dalam sebuah kisah diceritakan, bahawa ada aeorang laki-laki meninggal dunia. Maka pada malam itu ayahnya melihat anaknya dalam mimpi seakan-akan berada di neraka Jahannam dalam keadaan terbelenggu. Kemudian pada malam keduanya dia melihat berada di surga. Maka dia bertanya: " Aku melihat semalam kamu seperti itu, maka bagaimana sekarang bisa seperti ini?"
Anak itu menjawab: "Ada orang melewati kubur kami, dan dia membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 3 kali, lalu pahalanya diberikan kepada kami, dan inilah yang engkau lihat adalah bagianku dari pahala itu"
        Dalam riwayat lain telah diceritakan, bahwa ketika Rasulullah SAW pergi hijrah ke Madinah, maka seluruh kaum kafir Mekah berkumpul di pintu Darul Nadwah, dalam suatu pertemuan yang dipimpin oleh Abu Jahal.
        Dalam pertemuan itu mereka sepakat, bahwa barang siapa yang mendatangkan Muhammad kepada kami hidup atau mati, maka akan kami beri hadiah 100 onta merah yang hitam matanya, ditambah 100 kuda Arab.
        Tiba-tiba seorang laki-laki bernama Suraqah bangkit berdiri seraya berkata dengan lantang: "Aku sanggup mendatangkan Muhammad ke hadapan kalian"
        Kemudian orang-orang kafir Makkah mengumpulkan hadiah-hadiah yang mereka janjikan untuk Suraqah. Kemudian Suraqah berangkat mengejar Rasulullah dan dalam waktu sekejap, Suraqah menghunus pedang dan siap menikamnya


        Pada saat itu, malaikat Jibril turun dan memberitahu kepada Rasulullah SAW dan berkata: " Hai Rasulullah, Allah telah menundukkan bumi ini untuk menaati perintahmu"
        Setelah beliau diberitahu malaikat Jibril, beliau bersabda: "Hai bumi tenggelamkan kuda Suraqah ini". Maka tiba-tiba kaki kuda Suraqah tenggelam sampai lututnya dan Suraqah sendiri meneruskan perjalanannya pura-pura tidak tahu.
Kejadian itu membuat Suraqah berteriak memanggil: " Muhammad, tolonglah aku, aku tidak akan membunuhmu, marilah kita berdamai." Kemudian Rasulullah SAW berdo'a kepada Allah sehingga Suraqah bisa selamat berkat do'a beliau.
         Setelah Suraqah selamat dan berjalan beberapa langkah, lalu ia menghunuskan pedangnya sekali lagi dan hendak menikam Nabi dari belakang. Dan hampir saja ujung pedang itu menyentuh kulit Nabi,  tiba-tiba kaki kudanya pun tenggelam di bumi sampai kepusatnya, dan bahkan lebih dalam lagi. Sedang Suraqah sendiri jatuh terpelanting untuk kedua kalinya. Sementara Rasulullah SAW tetap melanjutkan perjalanan pura-pura tidak tahu. Lalu Suraqah berteriak memanggil: " Hai Muhammad, tolonglah aku, aku tidak akan membunuhmu, aku tidak akan berbuat begitu lagi."
        Kemudian Rasulullah SAW berdo'a kepada Allah, sehingga Suraqah bisa diselamatkan. Dan kali ini Suraqah datang mendekat, lalu bersimpuh di hadapan Rasulullah SAW seraya berkata: " Wahai Muhammad, beritahukanlah kepadaku tentang Tuhanmu, sekiranya Dia memiliki kekuasaan yang hebat itu, apakah Tuhanmu itu dari emas ataukah perak?". Mendengar pertanyaan Suraqah itu, Rasulullah SAW menundukkan kepalanya seraya diam sejenak.
        Kemudian tak berapa lama malaikat Jibril turun menyampaikan surat Al-Ikhlas, sebagai jawaban atas pertanyaan Suraqah.

Nah, seperti itulah sob khasiat dan sejarah diturunkannya  surat Al-Ikhlas. Baca, pahami ,dan praktekkan ya sob...:) Sekian postingan kali ini......
Wassalamu'alaikum dan salam Gerbang Kosmik!

Sumber: Buku Pintar Ibadah oleh Ust. Abdurrahim

muslimbaper.blogspot.com

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

1 komentar: