Mari Berorganisasi 2: Membentuk dan Mengembangkan Organisasi

07.25 0 Comments

Mari Berorganisasi 2 : Membentuk dan Mengembangkan Organisasi

Setelah sobat memahami tentang organisasi, sobat tidak usah ragu-ragu untuk mengikuti organisasi yang positif dan sesuai dengan bidang yang sobat minati. Kebanyakan orang sukses berangkat dari organisasi. Mari jadi organisator!


 Dan jika sobat dan teman-teman  berkeinginan untuk mendirikan organisasi , Gerbang Kosmik telah siapkan beberapa tips yang insyaallah bermanfaat bagi sobat tentang bagaimana membentuk dan mengembangkan suatu organisasi. Ingat, ajaklah beberapa orang yang menurut sobat dapat dipercaya dan membantu dalam proses pembentukan organisasi ini. Karena sobat tidak dapat membentuk organisasi sendirian. Berikut ulasannya :

1) Tentukan bidang apa yang ingin di ambil. Diskusikan dengan teman-teman sobat.
2) Legalkan organisasi sobat dan organisasi sobat mendapatkan support dari masyrakat. Syaratnya organisasi sobat haruslah positif dan memberi manfaat kepad anggota maupun masyarakat sekitar.
3) Tentukkan visi organisasi.
    Visi ini merupakan arah dari organisasi sobat. Jadi, sangat penting sekali membuat visi yang baik. Syarat visi yang baik adalah : FOKUS, SPESIFIK, dan LAYAK DIPERJUANGKAN. Dengan berdasar syarat-syarat tersebut, mulailah membuat visi dan rundingkan dengan pengurus lain untuk disahkan.
4) Buat misi.
    Misi akan bergantung dengan visi yang dibuat.  Misi bisa dikatakan sebagai tahapan-tahapan apa saja yang harus dilakukan untuk mewujudkan visi yang telah dibuat.
5) Pastikan sobat dan pengurus lain benar-benar paham dan sanggup dengan visi misi yang telah disepakati.
6) Perekrutan.
    Mencari lebih banyak pengurus organisasi. Ini sangat penting karena inilah hal yang harus dipenuhi dalam sebuah organisasi. Sosok yang dapat dimasukkan sebagai pengurus oganisasi (hanya untuk dijadikan referensi; silahkan masukkan sesuai kriteria sobat) :
     a)  Humble: Orang yang sangat mudah bergaul, pandai berbicara, dimanapun tempatnya sosok ini dapat diterima. Sosok ini sangat membantu untuk memperkenalkan organisasi ke masyarakat dan perekrutan pengurus lain.
     b)  Sumber Daya: Ini sosok yang memiliki budget cukup besar. Sosok ini dibutuhkan karena sangat membantu ketika organisasi kekurangan dana.
     c)  Kapasitas: Sosok yang ahli atau pandai dalam bidang yang organisasi sobat jalankan.
7) Menjaga kekompakan pengurus organisasi.
    Hal-hal yang membuat seseorang bertahan dalam organisasi adalah :
     a) Jobdesc      : merasa berguna dan dihormati
     b) Fun             : aktivitas yang menyenangkan
     c) Advantege : aktivitas di organisasi memberi manfaat
    Usahakan setiap pengurus merasakan ketiga hal di atas.
8) Dana.
    Dana merupakan sumber kehidupan organisasi sobat. Dana digunakan untuk mendukung setiap kagiatan organisasi. Dana diperoleh dari dalam maupun luar. Dari dalam dengan kas dan sukarela.
Sedangkan dari luar adalah dengan cara membuat proposal  ataupun sumbangan. Organisasi yang berdiri di lingkungan sekolah dapat mengajukan proposal ke pihak sekolah. Sedangkan organisasi masyarakat dapat membuat proposal ke perusahaan untuk dijadikan sponsor, maupun sumbangan dari masyarakat sekitar. Yakinlah, jika kegiatan organisasi sobat berkualitas dan memberi manfaat, maka dana dari luar bisa didapat.
9) Membuat kegiatan.
    Kegiatan yang sobat dan pengurus buat berdasarkan visi misi dan hendaknya positif, berkualitas, dan bermanfaat. Ini agar organisasi bisa memberikan advantage ke pengurus maupun luar sehingga akan membuat setiap kegiatan lebih kuat.
10) Bertanggung jawab
       Sobat dan pengurus lain haruslah benar-benar bertanggung jawab dalam menjalankan organisasi yang telah dibuat. Membuat itu mudah, mempertahankan yang sulit! Sobat juga harus mempersiapkan junior-junior sobat untuk meneruskan perjuangan sobat seangkatan karena tidak mungkin sobat akan selamanya menjadi pengurus di organisasi tersebut.

Nah, itulah beberapa tips dalam membentuk dan mengembangkan organisasi yang bisa sobat praktekkan. Tips-tips diatas penulis peroleh dari sosok organisator yang sangat berpengalaman, yaitu Mas Adri Suyanto dalam sebuah seminar di Trenggalek, Jawa Timur. Semoga membantu, dan mari berorganisasi!

muslimbaper.blogspot.com

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: