Mari Berorganisasi 1: Pemahaman Organisasi

07.23 1 Comments

Mari Berorganisasi 1 : Pemahaman Organisasi

Menurut Kamus Bahasa Indonesia Edisi Terbaru yang disusun oleh Ir. Agus Sulistyo dan Drs. Adi Mulyono, organisasi adalah kesatuan (susunan dsb) yang terdiri atas bagian (orang dsb) di dalam perkumpulan dsb untuk tujuan tertentu. Sedangkan organisator adalah orang yang mengorganisasi, penyusun, dan pengatur. Di lingkungan kita, tentu terdapat banyak organisasi yang berdiri. organisasi tersebut bergerak di berbagai bidang, seperti kepramukaan, sosial, keagamaan, dan lain-lain. Misal dikepramukaan berdiri organisasi Satuan Karya (SAKA), DKR, Ambalan (tk.Penegak), Dega (tk. Pandega), dan masih banyak lagi. Di bidang keagamaan berdiri organisasi masyarakat yang tidak asing seperti Nahdatul Ulama, Muhammadiyah, dan PERSIS, ataupun organisasi agama lain (Kristen, Hindu, Budha, dll). Lalu dari sekian banyak organisasi diatas apakah yang membedakannya? Dan apakah sobat sekarang mengikuti atau ingi mendirikan organisasi? Berikut Gerbang Kosmik akan mengulas tentang organisasi.



Bidang yang diambil akan membuat tujuan yang berbeda pula. Ini yang membedakan antara organisasi satu dengan yang lainnya. Dengan tujuan yang berbeda, maka program kerja organisasi tersebut juga akan berbeda karena kegiatan akan dilakukan demi tercapainya tujuan tersebut. Sebelum membahas lebih jauh tentang organisasi, sebenarnya apa sih manfaat kita mengikuti organisasi. Beberapa manfaat dari mengikuti organisasi adalah :

1) Menambah pengalaman. Inilah alasan mainstream para organisator mengikuti organisasi. Pengalaman dalam bidang organisasi yang berjalan. Misal, seseorang mengikuti organisasi keagamaan maka dia pun akan memperoleh pengalaman terkait bidang tersebut selama ia aktif, seperi berdakwah, hal ibadah, muamalah, maupun pengalaman lain yang biasanya tergantung dengan kegiatan apa saja yang ia ikuti.

2) Menambah ilmu pengetahuan. Sama halnya dengan pengalaman, ini akan kita dapatkan saat kita berorganisasi selama kita menjadi anggota aktif.

3) Menambah teman. Tak bisa dipungkiri bahwa organisasi besar dengan anggota yang banyak otomatis jaringan pertemanannya lebih luas. Jika sobat mengikutinya, maka sobat secara langsung akan mendapatkan lebih banyak teman.

4) Mengurangi kebosanan. Bagi sobat yang banyak waktu luang, namun tidak tau harus apa, silahkan mengikuti organisasi karena sobat bisa mengisi waktu sobat dengan kegiatan dalam organisasi tersebut.

5) Mandapat penghasilan. Beberapa organisasi tertentu bergerak dalam bidang bisinis akan mendapatkan penghasilan untuk dibagikan kepada setiap anggotanya dalam melaksanakan kegiatannya, seperti dalam bidang jasa.

Dari berbagai manfaat organisasi diatas, perlu Gerbang Kosmik ingatkan bahwa ketika sobat masuk kedalam sebuah organisasi, sobat harus menerima konsekuensinya pula. Berikut beberapa konsekuensi umum yang harus sobat terima ketika berorganisasi :

1) Meluangkan waktu. Jika sobat mengikuti organisasi dengan kegiatan yang cukup padat (biasanya pada kepramukaan), maka sobat  harus siap mengikuti kegiatan tersebut dan otomatis waktu sobat harus dikorbankan.

2) Mengeluarkan dana. Biasanya setiap organisasi terdapat kas yang harus dibayar oleh setiap organisator. Dana dari kas sangatlah diperlukan untuk mendukung setiap program kerja yang telah dibuat.

3) Tenaga ekstra. Kegiatan yang padat membutuhkan tenaga yang lebih. Jika begini sobat harus siap-siap untuk rasa lelah. Namun, rasa lelah tersebut akan terbayarkan dengan pengetahuan dan pengalaman yang sobat dapatkan.

Ingatlah sobat, jika kalian mengikuti organisasi kalian harus benar-benar ikhlas, agar sobat dapat dengan senang hati menerima konsekuensinya dan mendapatkan manfaatnya dengan penuh. Kesalahan yang sering terjadi adalah seseorang mengikuti organisasi karena ikut-ikutan ataupun ingin disegani. Ini membuat kedepanya dia akan malas dan menjadi anggota pasif yang ujung-ujungnya akan out dari organisasi tersebut. Kesalahan lain ialah terlalu banyak mengikuti organisasi. Jika seperti itu, fokus sobat akan terpecah dan sobat akan menerima konsekuensi lebih yang membuat sobat tidak bisa mengikuti organisasi tersebut dengan baik. Analoginya seperti ini, ketika sobat di suruh menangkap satu penghapus, maka sobat akan dengan mudah menangkapnya. Namun, jika sobat disuruh menangkap banyak penghapus sekaligus, maka hanya sedikit penghapus yang bisa sobat tangkap atau bahkan tidak ada sama sekali dan itupun sobat lakukan dengan susah payah.

So, jadilah organisator yang benar-benar bertanggung jawab terhadap organisasi sobat. Maka sobat akan merasakan begitu banyak manfaat dari organisasi yang sobat ikuti. Do it!

muslimbaper.blogspot.com

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

1 komentar: