Babi Haram, Ini Hikmah Luar Biasa yang Dapat Diambil

20.25 0 Comments

Babi Haram, Ini Hikmah Luar Biasa yang Dapat Diambil
               
      Assalamu'alaikum sob, kali ini Gerbang Kosmik bakal mengulas tentang hikmah diharamkannya daging babi bagi kita umat muslim. Kenapa harus diharamkan? Apa saja mudharat bagi kita semua? Sebelumnya, Allah telah menegaskan dalam beberapa surat di Al-Qur'an tentang haramnya babi. Salah satunya dalam surat An-Nahl ayat 115.
          



 "Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan atasmu (memakan) bangkai, darah, daging babi dan apa yang disembelih dengan menyebut nama selain Allah; tetapi barangsiapa yang terpaksa memakannya dengan tidak menganiaya dan tidak pula melampaui batas, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (An-Naĥl:115)
     Lantas apa yang membuat babi tersebut diharamkan, berikut alasannya:
     Memakan daging babi yang terjangkit cacing babi dapat menyebabkan meningkatnya kandungan  kolestrol dan memperlambat proses penguraian protein dalam tubuh, yang mengakibatkan kemungkinan terserang kanker usus, iritasi kulit, eksim dan rematik.
     Menurut Dr. Muhammad Abdul Khair dalam bukunya Ijtihadat fi at Tafsir al-Qur'an al-Karim halaman 112 menyebutkan, "Daging babi mengandung benih-benih cacing pita dan cacing trachenea lolipia." Cacing-cacing ini akan berpindah kepada manusia yang mengkonsumsi daging babi tersebut. Patut dicatat, hingga saat ini generasi babi belum terbebaskan dari cacing-cacing ini.


   
  Penyakit-penyakit yang ditularkan daging babi:
1) Kolera Babi: Penyakit berbahaya yang disebabkan oleh virus.
2) Keguguran nanah: Disebabkan oleh bakteri prosillia babi.
3) Kulit kemerahan yang ganas dan menahun yang pertama bisa menyebabkan kematian dalam beberapa kasus, dan yang kedua menyebabkan gangguan persendian.
4) Penyakit pengelupasan kulit.
5) Benalu eskares yang berbahaya bagi manusia.
Dan juga diketahui bahwa babi adalah inang dari banyak macam parasit, seperti virus H5N1.
        Meskipun sekarang orang-orang mengatakan bahwa mereka mampu mengatasi cacing pita di babi dengan kecanggihan alat yang dimiliki, tetapi pikirkanlah. Meski jika itu benar, bukankah baru satu masalah yang katanya dapat diatasi. Penyelesaian dari masalah tersebut pun membutuhkan waktu yang sangat lama. Lantas bagaimana dengan masalah-masalah yang lain. Tentu masih banyak masalah yang timbul dari mengkonsumsi daging babi yang kita sadari namun belum bisa teratasi. Itu masalah yang terdeteksi, bagaimana yang belum? Apa kita masih nekad memakan sesuatu yang banyak mendatangkan mudharat bagi kita, sedangkan Allah SWT telah memberikan sesuatu yang halal yang memberikan manfaat kepada kita.
         Camkan ini sob, jika masih ada yang halal kenapa harus mencari yang haram? Sungguh Maha Pemurah Allah terhadap kita umat manusia.
         Begitulah sob hikmah yang dapat kita ambil dari diharamkannya babi. Maha Benar Allah dengan segala firman-Nya....Dan semoga kita senantiasa menjadi manusia yang bertaqwa kepada-Nya.
Salam Gerbang Kosmik & Wassalamu'alaikum..
..
Inspirasi: Buku Rahasia Dibalik Makanan Haram oleh Diana Candra Dewi, M.Si
              

muslimbaper.blogspot.com

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: