Astaga, Gigitan Hewan Ini Lebih Kuat Daripada T-Rex dan Megalodon!

14.52 1 Comments

Astaga, Gigitan Hewan Ini Lebih Kuat Daripada T-Rex dan Megalodon!

Salam Gerbang Kosmik!
     Ok sob, welcome back again. Sobat pasti tau kan yang namanya T-Rex (Tyrannosaurus rex). Dinosaurus yang legend banget karena ukuran dan kesangarannya itu merupakan salah satu predator paling berbahaya di darat. Sedangkan Megalodon, adalah hiu purba yang super besar dan merupakan raja lautan pada zaman dulu. Tapi eh tapi, T-Rex dan Megalodon memang sangar dalam tampang, ukuran jumbo dan gigi nauzubilah yang mengerikan, ternyata masih kalah dalam gigitannya dibanding hewan yang jauh lebih kecil darinya. Hewan apa itu?? Perkenalkanlah...

Piranha


      Sobat mungkin tak percaya, bagaimana mungkin ikan ini gigitannya lebih kuat dibanding T-Rex dan Megalodon. Yap, memang seperti itulah kenyataannya. Perbandingan antara ukuran tubuh dengan kekuatan gigitan antar Piranha dengan T-Rex dan Megalodon masih dimenangkan oleh Piranha. Ini terungkap lewat riset tim peneliti University of Washington di Amerika Serikat.
      Mereka menemukan bahwa Megapiranha paranensis , kerabat piranha yang telah punah, adalah hewan dengan gigitan paling kuat sejagat. Hewan purba seberat 9 kilogram ini diketahui memiliki kekuatan gigitan sebesar 1.240-4.750 newton atau 140-535 kilogram, bahkan mungkin lebih besar lagi. Angka itu berpuluh kali lipat dari rasio berat tubuh si ikan.


      Hal ini dapat diungkapkan berdasarkan pengukuran terhadap Serrasalmus rhombeus atau piranha hitam, spesies piranha terbesar di bumi saat ini. Seekor piranha hitam berbobot 1,25 kilogram mampu menggigit dengan kekuatan 320 newton atau sekitar 36 kilogram. Itu berarti kekuatan gigitan piranha hitam 30 kali berat tubuhnya.
"Jika perhitungan kami benar, Megapiranha mungkin adalah predator yang mampu menghancurkan tulang hewan apa pun," kata pemimpin penelitian, Stephanie Crofts yang dikutip dari laman University of Washington. Hasil penelitian Crofts dan rekan-rekannya diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports. Sebagai perbandingan, T-Rex mempunyai kekuatan gigitan sebesar 13.400 newton atau 1.500 kilogram. Dengan ukuran tubuhnya yang juga besar, para peneliti mengatakan kemampuan dinosaurus predator itu masih tidak ada apa-apanya dibanding Megapiranha.


"Untuk ikan yang relatif mungil, gigitan Megapiranha paranensis mengalahkan mega-predator purba lainnya," ujar Crofts. Ini menunjukkan bahwa Megalodon juga bernasib sama dengan T-Rex, kalah dalam kekuatan menggigit.
      Kemudian yang mungkin sobat herankan adalah, kenapa hewan yang relatif kecil ini mampu menghasilkan kekuatan gigitan yang berpuluh-puluh kali lipat dari ukuran tubuhnya? Jawabannya karena Piranha memiliki otot rahang yang sangat besar dan tendon seperti tali. Otot rahang dan tendon menyumbang 2 persen dari total berat tubuh piranha hitam. Faktor lain adalah bentuk rahang mereka yang telah berkembang menjadi semacam tuas yang kuat. Dengan begini, sangat mungkinkan sob hewan ini mampu menciltakan kekuatan gigitan yang luar biasa. Bisa dibilang, kecil-kecil cabe rawit. Hehehe..
      Yah, itulah sob fakta menarik kali ini. Sungguh itu semua merupakan bentuk anugerah dan kebijaksanaan dari Sang Pencipta. Ingat ya sob, sesuatu yang kecil kadang menyimpan sesuatu yang besar, jangan pernah menganggap remeh terhadap apapun, tetap bijaksana dan berhati-hati. Ok sob??!
Sekian dari saya, Salam Gerbang Kosmik!

muslimbaper.blogspot.com

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

1 komentar: